Artikel Banjir Ibu Kota


Hujan deras yang terus mengguyur sebagian wilayah di Indonesia menyebabkan beberapa kota mengalami musibah banjir, tidak terkecuali dibeberapa tempat di ibu kota. Hal ini tentunya sangat menganggu warga DKI Jakarta, baik bagi warga yang menggunakan fasilitas umum maupun warga yang tinggal dibantaran kali ciliwung.

Bagi warga yang tinggal dibantaran kali ciliwung hal ini sangat berdampak besar, mereka harus bekerja keras memindahkan barang – barang mereka agar tidak terkena air yang menggenangi rumah mereka, mungkin tidak terlalu sulit bagi warga yang sudah menyiapkan tingkat dua dirumah mereka, tapi bagaimana warga yang tidak memiliki tingkat dua dirumah mereka? Selain harus mengeluarkan barang – barang, mereka juga harus mencari tempat pengungsian yang layak untuk tempat tinggal sementara. Belum lagi dengan bantuan sandang dan pangan yang terbatas.

Kemudian bagi warga yang menggunakan fasilitas umum, salah satu contohnya adalah halte bus yang kurang baik. Saat hujan turun, selain warga yang menunggu bus juga banyak beberapa pengendara motor yang ikut berteduh. Air yang menggenangi jalanan disekitar halte dan atap halte yang rusak, membuat warga semakin tidak nyaman akan fasilitas umum yang disediakan pemerintah saat ini.

Tentunya, dari beberapa contoh kecil diatas, kita dapat melihat bagaimana kondisi ibu kota saat ini. Hal tersebut tidak dapat diperbaiki hanya melalui satu pihak, tapi juga partisipasi seluruh warga DKI Jakarta, baik warga ibu kota secara umum, pemerintah, juga para pejabat atau politisi yang seharusnya sudah harus memikirkan nasib ibu kota ke masa yang akan datang. Tidak hanya sibuk dengan urusan politik dan jabatan semata, tetapi juga nasib bangsa Indonesia.

Nama : Ratna Mustika Sari
NPM  : 15210669
Kelas  : 2EA11

0 komentar:

Posting Komentar